Beruntunglah sepeda motor yang dari pabrikannya sudah dilengkapi dengan filter oli mesin (gb.1), seperti Bajaj Pulsar 135 LS. Pasalnya kotoran akan tersimpan sementara di dalamnya, dan akhirnya bisa mengurangi resiko kerusakan.
"Kalau ada filter oli mesinnya, geram (serbuk logam hasil gesekan antar komponen) tidak akan merusak komponen mesin lainnya," buka Dika Purbaya Kusama, mekanik bengkel Bajaj, Plaza Motorsport di kawasan Jl Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
"Oli yang bersirkulasi akan melewati filter ini sebelum masuk ke jalur oli di bagian kopling," jelasnya. "Tapi 5.000 kilometer, filter harus diganti," anjur mekanik yang juga nyemplak Bajaj Pulsar 200 ini.
Kalau penggantian oli dilakukan di bengkel resmi, pastinya komponen ini akan langsung diganti. sesuai angka di odometernya. Tapi kalau berniat mengganti oli sendiri, jangan lupa untuk menyiapkan pengganti filter oli mesin.
"Harganya murah kok cuma Rp 7.500," ungkap Dika sambil menjelaskan kalau penggantian filter oli ini bisa dilakukan sendiri.
Ternyata mudah loh! Pertama buang dulu oli lamanya (gb.2). Sambil menunggu oli benar-benar habis, buka cover filter oli di bak mesin sebelah kanan (gb.3).
Buka tiga baut penguncinya lalu tarik filter oli yang lama dan ganti dengan yang baru. "Jangan lupa, bagian filter yang ada pegasnya menghadap keluar ya,"
Setelah filter terpasang, tinggal masukan lagi oli barunya. lewat lubang di atas bak kopling.(gb.4) Gampang kan!